Memuat...

Senin, 27 Februari 2012

Peluang Investasi Perkebunan di Banjarnegara Jawa Tengah

| | 0 comments

Areal perkebunan yang ada wilayah Kabupaten Banjarnegara yang tersebar di 20 Kecamatan dibudidayakan untuk menanam  bermacam-macam jenis komoditas anatara lain :
1. T e h
Luas Perkebunan Teh di Kabupaten Banjarnegara 2.334,64 Ha yang tersebar di 6 (enam) Kecamatan yaitu Kecamatan  Karangkobar, Wanayasa, Kalibening, Pejawaran, Pagentan dan Batur, dengan jumlah produksi secara keseluruhan sebesar 1.993 Ton / tahun.
Hasil pucuk teh tersebut selama ini ditampung oleh PT Pagilaran di desa Jatilawang Kecamatan Wanayasa dan PT Jatilawang Sejahtera di Desa Grogol Kecamatan Pejawaran.
2.  Kelapa Deres

Perkebunan kelapa deres di Kabupaten Banjarnegara menempati areal seluas 1.439,60  ha, yang tersebar di 6 (enam) Kecamatan yaitu Kecamatan Susukan, Klampok, Mandiraja, Purwanegara, Bawang dan Rakit, dengan hasil produksi 15.971,67 ton / tahun
3.  Kelapa Dalam
Luas areal tanaman kelapa dalam seluas 7.976,60 ha, yang tersebar di 8 (delapan) Kecamatan, yaitu Kecamatan susukan, Purworejo Klampok, , Mandiraja, Purwanegara, Bawang, Banjaranegara, Rakit dan Punggelan . dengan hasil produksi 9.222,39 ton / tahun.
4.  Kopi/Kobusta
Perkebunan kopi/kobusta  di Kabupaten Banjarnegara mempunyai luas keseluruhan 627,55 ha.,  yang berada  di 10 Kecamatan, yaitu Kecamatan Mandiraja, Purwanegara, Bawang, Banjarnegara, Sigaluh, Banjarmangu, Wanadadi, Punggelan, Karangkobar dan  Kalibening Dengan hasil produksi 255,75 ton / tahun.
5. ALBASIA
Luas lahan yang tersedia 19.00 Ha, yang tersebar di wilayah Kabupaten Banjarnegara. Albasia merupakan bahan baku industri pengelolaan kayu dengan produksi rata-rata 30.000m³ tiap bulan.
Hasil pengolahan kayu Albasia antara lain :Pulp Kertas, Papan Partikel(particle board) , Papan Serat (Piper Board) , Kayu Olahan dan Kayu Energi (Bahan Bakar).
Pemasaran :Dalam Negeri dan Luar Negeri.
6. SERABUT KELAPA
Kabupaten Banjarnegara merupakan salah satu sentra produksi kelapa di jawa tengah dengan luas area tanaman sebanyak 13.324.,07 Ha. Penyebaran tanaman kelepa yairu di Kecamatan Susukan , Purworejo Klampok , Rakit , Purwonegoro, Punggelan dan Bawang.
Bahan baku sabut kelapa merupakan hasil sampah dari industri pengolahan kopra.Secara relatif industri serat sabut kelapa merupakan industri bersifat padat karya terutama untuk industri yang masih menggunakan teknologi yang sederhana.
Produksi per tahun : 12.792.16 ton.

0 comments:

Poskan Komentar

Terima kasih telah membaca informasi yang kami sampaikan, semoga bermanfaat. Tidak dilarang untuk mengutip/menyebarluaskan/ copy paste informasi ini.

 
Twitter Facebook