Teori Tidal tentang Terbentuknya Bumi


Pada tahun 1918 ada 2 ilmuwan Inggris yaitu James Jeans dan Harold Jeffreys mengemukakan suatu teori bagaimana bumi ini terbentuk, yang dinamakan sebagai teori tidal. Teori tidal atau dikenal juga dengan peristiwa pasang naik massa gas matahari karena ada bintang yang melintang di dekat matahari. Teori ini mirip dengan teori Planetesimal Moulton Chamberlain. Namun, Jeans dan Jeffreys tidak setuju bahwa bumi dan planet lainnya berasal dari kumpulan planetesimal yang bergabung sehingga membentuk bumi dan planet-planet lainnya.
Menurut teori tidal, pada saat bintang melintas di dekat matahari,maka sebagian massanya akan tertarik keluar sehingga membentuk semacam cerutu. Bagian ini telah mengalami pendinginan  akan menjadi planet-planet yang akan berevolusi terhadap matahari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah membaca informasi yang kami sampaikan, semoga bermanfaat. Tidak dilarang untuk mengutip/menyebarluaskan/ copy paste informasi ini. Laskar Informasi juga sangat terbuka atas masukan/tanggapan/komentar.

Fakta, kita hidup di negara rawan bencana. Dan hari ini kita saksikan berbagai bencana telah melanda. Hanya ada dua pilihan: menyerah pada kenyataan atau maju mengambil peran dalam kesiagaan. Dukung dan bergabung bersama kami dalam gerakan ‪‎INDONESIA SIAGA‬ !

Salurkan Donasi Kemanusiaan Anda melalui Lazis Muhammadiyah

BCA No. 8780 171 171
MANDIRI No. 123 00 99 00 8999
BNI SYARIAH No. 00 915 39 444
BRI SYARIAH No. 2020 191 222

Software islami ensiklopedi hadits kitab 9 imam berisi kumpulan hadits dan terjemah