Buku Panduan MUI Mengenal & Mewaspadai Penyimpangan Syi'ah di Indonesia

Buku Panduan MUI Mengenal & Mewaspadai Penyimpangan Syi'ah di Indonesia
Silahkan diunduh. Gratis!

Asal usul Manado


DALAM perjalanan sejarah Kota Manado ada tiga pengaruh besar yang datang dari luar daerah. Terjadi interaksi dengan penduduk Manado yakni, Spanyol, Portugis dan Belanda. Sebelum kedatangan bangsa-bangsa barat. Lokasi yang sekarang ini disebut orang Kota Manado sudah ada.

Manado sebagai nama suatu lokasi di Minahasa antara lain berasal dari bahasa Tombulu “Manaror” yang artinya berkumpul atau berunding atau lebih dikenal dengan sebutan “Pahawinororan Ni Tasikela” atau tempat berkumpulnya orang-orang Spanyol dan Minahasa untuk berunding.


Nama Manado pernah dihubungkan dengan nama Wanua “Wenang” yang menurut legenda didirikan oleh tokoh dari Walak Ares bernama Dotulolong Lasut sedangkan nama Wenang diambil dari nama sejenis kayu pada masa itu banyak tumbuh di Manado. Kulit kayu ini, sangat berguna untuk bahan penyamak jala nelayan agar tidak mudah lapuk oleh air laut. Bukan hanya itu saja, Manado mulai dikenal oleh dunia luar sejalan dengan ramainya aktivitas perdagangan masa itu.

Melalui aktivitas perdagangan itulah masuk bahasa Melayu yang merupakan bahasa penghubung para pedagang nusantara. Oleh karena itu pada masa itu, bahasa Melayu lebih banyak digunakan dalam perdagangan sehingga bahasa tersebut sering disebut orang bahasa “pasar” yang kini lebih dikenal dengan bahasa Melayu Manado bahkan dialek orang Manado merupakan bahasa komunikasi di kalangan orang Minahasa yang dikenal memiliki berbagai bahasa daerah.

Cerita orang dulu, Manado merupakan sebuah pulau di lepas pantai barat Minahasa yang pada waktu itu sebagai pusat kerajaan Babontehu. Ini dibuktikan dengan semua hasil bumi Minahasa yang dikumpul di Manado dengan perantaraan kerajaan Bobontehu, dikenal oleh dunia luar melalui ekspor hasil pertanian yang dikirim melalui Manado. Bukan hanya itu saja, dalam arsip kolonial Belanda.

Manado sebagai nama tempat dan sebagai kerajaan yang ditaklukkan oleh raja Ternate kemudian Manado direbut oleh Spanyol dan mereka mendirikan kota Benteng. Kota ini terus meningkat menjadi kota Kolonial serta kota pusat perdagangan sampai sekarang ini. (***)

LAMBANG KOTA MANADO DAN ARTINYA



  • Laut melambangkan bahwa Manado merupakan bandar pelabuhan dan perdagangan.

  • Empat garis gelombang melambangkan suku-suku yang berada di kota Manado, yaitu: Sangihe Talaud, Minahasa, Bolaang Mongondow dan Gorontalo yang merupakan unsur utama di kota Manado.

  • Tembok bertiga puncak melambangkan ketiga "Pakasaan" yang merupakan asal-usul kotaManado, yaitu Pakasaan Ares, Singkil dan Wenang Titiwungen.

  • Pegunungan Melambangkan keadaan bumi kota Manado yang berbukit dengan 7(tujuh) bukit pokok dalam keadaan sebenarnya

  • Pohon kelapa kanan (kanan pada lambang) berpelepah sembilan buah dengan helai daun masing-masing lima ruas, melambangkan proklamasi kemerdekaan Indonesia 1945.

  • Kelar-kelar pohon kelapa 14 banyaknya pohon kelapa desa beras dan pohon kelapa kiri (kiri pada lambang) pelepah yang ujung dengan lima helai daun disertai kedua bendera merah putih kanannya. Kesemuanya melambangkan peristiwa merah putih 14 Februari 1946 yang bermaksud mempertahankan kedaulatan RI.

  • Pohon kelapa masing-masing melambangkan Pancasila.

  • Bintang melambangkan Pancasila selaku dasar dan tujuan dari pertahanan dan penyelenggaraan Kota Manado.

Sumber: Ronald Gampu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah membaca informasi yang kami sampaikan, semoga bermanfaat. Tidak dilarang untuk mengutip/menyebarluaskan/ copy paste informasi ini. Laskar Informasi juga sangat terbuka atas masukan/tanggapan/komentar.

Fakta, kita hidup di negara rawan bencana. Dan hari ini kita saksikan berbagai bencana telah melanda. Hanya ada dua pilihan: menyerah pada kenyataan atau maju mengambil peran dalam kesiagaan. Dukung dan bergabung bersama kami dalam gerakan ‪‎INDONESIA SIAGA‬ !

Salurkan Donasi Kemanusiaan Anda melalui Lazis Muhammadiyah

BCA No. 8780 171 171
MANDIRI No. 123 00 99 00 8999
BNI SYARIAH No. 00 915 39 444
BRI SYARIAH No. 2020 191 222

Software islami ensiklopedi hadits kitab 9 imam berisi kumpulan hadits dan terjemah